Tuesday, January 22, 2019

MOTIVASI DALAM BELAJAR OLEH LUTFI KOTO

MOTIVASI DALAM BELAJAR
Oleh :Lutfi Koto
A.Pengertian Motivasi
Dalam belajar setiap peserta didik memerlukan prestasi untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran.Berikut ini pengertian motivasimenurut para ahli adalah :1.Menurut Hambah B. Uno (2013 : 3)Motivasi adalah dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk melakukan aktifitas tertentu dan berusaha mengadakan perubahan tingkahlaku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.2.Kartini (2002 : 147)Motivasi adalah sesuatu yang menimbulkan semangat dan dorongan untuk berbuat dan bekerja.3.Irzal (2005 : 2)Dorongan yang timbul pada seseorang untuk berperilaku dalam mencapaitujuan yang telah ditentukan.Dari pendapat para ahli diatas, secara sederhana dapat kita simpulkanbahwa motivasi merupakan sesuatu yang dapat mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Jika pengertian motivasi dikaitkan dengan aspek pendidikan/pembelajaran seseorang, maka dapat dirumuskan sebagai kemauanpeseta didik untuk mengerjakan tugas-tugasnya agar tujuan pembelajarandapat tercapai dengan baik.

B.Teori Motivasi Dalam Belajar
Berikut ini teori-teori motivasi dalam belajar yang dikemukakan olehpara ahli adalah sebagai berikut :1.McClellandMotivasi berprestasi merupakan motivasi yangberhubungandengan pencapaian beberapa standar kepandaian atau standar keahlian.2.HeckhausenMotivasi dalam belajar merupakan sutau dorongan yang terdapatdalam diri perserta didik yang selalu berusaha atau berjuang untuk mengingkatkan atau memelihara kemampuan setinggi mungkin dalamsemua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan, yaitu :a.Standar keunggulan diriBerhubungan dengan pencapaian prestasi yang lebih tinggidibandingkan dengan prestasi yang pernah diraih selama ini.b.Standar keunggulan tugasBerhubungan dengan pencaaian tugas yang sebaik-baiknyac.Standar keunggulan siswa lainBerhubungan dengan pencapaian prestasi yang lebih tinggidibandingkan dengan prestasi yang dicapai oleh siswa lain atau siswasekelas.3.Ausubel (dikutip oleh Howe)Ausubel mengemukakan motivasi berprestasi terdiri dari 3komonen :a.Dorongan kognitif, keinginan peserta didik untuk mempunyaikompetensi dalam bindang yang ditekuninyab.An ego-enhanching one, keinginan siswa untuk meningkatkan statusdan harga dirinyac.Afiliasi, keninginan siswa untuk selalu berafiliasi dengan siswa lain.

4.Atkinson (dikutip houston)Atkinson mengemukakan bahwa diantara kebutuhan hidup manusiaterdapat kebutuhan untuk berprestasi, yaitu dorongan untuk mengatasihambatan, melatih kekuatan,dan berusaha untuk melakukan seuatupekerjaan yang sulit dengan cara yang baik dan secepat mungkin. Makinbesar harapan seseorang terhadap suatu objek dan makin tinggi nilai objek itu bagi orang tersebut, maka semakin besar pula motivasinya.Atkinson jugamengemukakan, seseorang yang mempunyaimotivasi berprestasi yang tinggi pada umumnya harapan akan suskesorang tersebutselalu mengalahkan rasa takut akan mengalami kegagalan.Ia selalu merasa optimis dalam mengarjakan setiapa apa yang dihadapinya,sehingga setiap saat selalu termotivasi untuk mencapai tujuannya.5.BrunerBuner mengemukakan bahwa siswa dengan tingkat motivasi yangtinggi, cenderung lebih pintar sewaktu mereka menjadi dewasa.
C.Peranan Motivasi Dalam Belajar
1.Menentukan penguatan belajarMotivasi dapat berperan dalam penguatan belajar apabila peserta didik dihadapkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan,dan hanyadapat dipecahkan berkat pengalaman yang telah dilaluinya.
2.Memperluas tujuan belajarDengan motivasi yang tinggi pesertadidik akan tertarik untuk belajar jikayang dipelajari itu dapat dimanfaatkan bagi kehidupannya sehari-hari.Contohnya peserta didik akan termotivasi belajar bahasa inggris karenatujuan belajar bahasa inggris itu bisa menambah kekayaan bahasa dandapat digunakan untuk berkomunikasi secara internasional. 






3.Menentukan ketekunan belajarDengan motivasi Yng tinggi peserta didik akan berusaha mempelajaripelajaran dengan baik dan tekun, dan berharap memperoleh nilai yangbaik. Dengan demikian, akan terlihatbahwa motivasi yang tinggi dapatmenyebabkan peserta didik untuk tekun belajar.4.Mengontrol tingkah laku.Hal ini dapat diketahui mengapa seseorang menyenangi suatu objek begitu juga sebaliknya. Dengan demikian peserta didik Yng memiliki motivasiyang tinggi akan mengontrol tingkah lakunya dari apa yang menyebabkandirinya gagal.
D.Jenis-jenis Motivasi
1.Berdasarkan faktor pembangkitnyaa.Motivasi intrinsik Motivasi intrinsik adalah motivasi yang muncul dalam diri individu,tanpa memerlukan rangsangan dari luar.Motivasi ini sudah tertanamsendiri dalam diri individu tersebut.b.Motivasi ekstrinsik Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang muncul karena adanyarangsangan dari luar individu. Motivasi dapat dirangsang olehlingkungan, hukum atau peraturan.2.Berdasarkan arahnyaa.Motivasi tugasMenurut heckhausen, standar tugas adalah standar yang berhubungandengan encapaian tugas sebaik-baiknya. Seorang individu yangmemiliki standar tugas yang tinggi cenderung akan mengerjakan tugaslebih baik.b.MotivasiaspirasiPada motivasi ini, seorang individu tergerak karena adanya aspirasiyang ingin dicapainya. Aspirasi bisa berasal dari dalam diri, atautuntutan lingkungan individu.

c.Motivasi persaingand.Motivasi afiliasie.Motivasi penguatanMotivasi ini diperlukan bagi rein-forcement (stimulus yangmemperkuat dan mempertahankan tingkah laku yang dikehendaki)
E.KarakteristikIndividu yangMemiliki Motivasi Berprestasi yang Tinggi
Adapun ciri ciri peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi yangtinggi menurut (Schwitzgebel & Kalb) dalam Djaali adalah sebagai berikut :1.Menyukai situasi atau tugasyng menuntu tanggung jawab pribadi yangatas hasil-hasilnya bukan atas dasar untungan-untungan nasib ataukebetulan.2.Memilih tujuan realistis yang lebih menantang danmemili resiko yangbesar.3.Mencari situasi atau pekerjaan dimana ia memperoleh umpan balik dengansegera dan sebagai dasar untuk menentukan baik atau tidaknyapekerjaannya.4.Mandiri, bekerja keras dan bersaing untuk mengungguli orang lain5.Mampu menangguhkanpemuasan keinginannya demi masa depan yanglebih baik.6.Tidaktergugahuntuksekedarmendapatkanuang. Status, ataukeuntunganlainnya, iaakanmencariapabilahal-haltersebutmenjadilambingprestasiatausuatualatukurkeberhasilan.

F.UpayauntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa
Berikutinihal-hal yang dapatdilakukanuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswaadalah :1.Mencipatakansuasanakompetensi yang tinggi.Menurutdjalii, Motivasiseseorangterbentukmelaluilingkungankeunggulandandarilingkungankulturtempatseseornagdibesarkan,2.Menetapkanstandarkeunggulan(standard of excellence)MenurutMcClland (djaali :109) kerangkaacuansangatpenting.Fungsinyasebagaistandaruntukmemungkinkanbangkitnyaafeksi.Dengandemikian, pengertianmotivasi yang dikembangkan (McClleanddkkdidasarkanatasafeksidalamkaitannyadenganperbuatan yangdievaluasi.Olehkarenaitumotivasiberprestasidapatdiartikandoronganuntukmengerjakantugasdengansebaik-baiknya yang mengacukepadastandarkeunggulan.3.Mengembangkansikapbelajar yang baik.MenurutHarlen, sikapbelajarmerupakankesiapanataukecenderunganseseoranguntukbertindakdalammenghadapisuatuobjek atausituasitertentu.Sedangkanmenurutdjaali,sikapbelajaradalahkecenderunganperilakuseseorangketikadiamempelajarihal-hal yangbersifatakademik.Kecenderungandisinimemilikiartitindakan yangdilakukanseseorangberkenaansuatuobjek (orangataubenda,dilandasidenganperasaandanpenilaianolehindividuyang bersangkutanterhadapobjektersebut. ) contoh : menyukaisesuatuberdasarkanpenilaianseseorang.Menurut Thorndike (Djaali, 2012 : 116) gayamengajar yangditerapkan guru dalamkelasberpengaruhterhadap proses penilaiansiswa.Sikapbelajar (sengan/tidaksenang, setujuatautidaksetuju)akanberpengaruhterhadapproses danhasilbelajar yang dicapaiolehpesertadidik) lebihlanjut, djaalimenjelaskan, sesuatu yang menimbulkan rasa

senang, cenderunguntukdiulang,pengulanganinipentinguntuk mengukuhkanhal-hal yang dipelajari.

1 comments: