Thursday, January 31, 2019

Makalah TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada hakikatnya, teknologi adalah solusi bagi beragam masalah pendidikan saat ini. Kecanggihan, ketepatan serta kecepatan dalam menyampaikan suatu informasi menjadikan teknologi menduduki posisi penting di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Pembelajaran berbasis komputer dan internet adalah sebuah konsep baru yang sampai saat ini banyak desain dan implementasinya tentunya dalam dunia pendidikan dan pembelajaran.
 Kondisi ini muncul sebagai wujud nyata dari globalisasi teknologi informasi dan komputer. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta memperluas jaringan pendidikan dan pembelajaran karena teknologi telah menjadikan ilmu pengetahuan lebih mudah diakses, dipublikasikan dan disimpan.
Hampir setiap guru mungkin pernah menemukan suasana kelas yang tidak kondusif untuk proses pembelajaran. Para siswa tidak merespon apa yang guru bawakan dan guru merasa kurang efektif berbicara di depan siswa karena siswa tidak memperhatikan guru, ramai sendiri, main komputer dan kelas berubah menjadi gaduh. Jelas suasana begitu tidak akan mencapai tujuan pembelajaran seperti yang direncanakan.
Apabila kita amati, sebenarnya anak-anak sekarang bukanlah anak-anak bodoh. Mereka mampu berkomunikasi dalam Bahasa Arab secara sederhana. Mereka juga terbiasa menggunakan komputer dan sering chatting, bermain game, dan menulis tugas-tugas yang diperintahkan guru.
Tetapi untuk pelajaran Bahasa Arab mereka sangat kesulitan dalam menulis huruf Arab, dan terkadang program sebagain siswa tidak dapat dipergunakan. Hampir bisa dipastikan proses pembelajaran tidak berjalan baik, dan hasilnya juga tidak maksimal. Karena itu, guru harus mencari formula yang fektif dan inovatif untuk membangkitkan motifasi siswa dalam belajar berbahasa Arab.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Teknologi dan Media Pembelajaran?
2.      Bagaimana Pengenalan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK?
3.      Bagaimana Dampak TIK Dalam Pembelajaran Bahasa Arab?



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian
1.         Teknologi
Tekonologi bersal dari bahasa latin “Tekno” yang bahasa inggrisnya “Art” dan dari kata “logos” (ilmu). menurut Webster, art adalah keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, study dan observasi, jadi teknologi tidak lebih dari suatu ilmu yang membahas tentang keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, study dan juga observasi. jika dihubungkan dengan pembelajaran maka teknologi mempunyai pengertin sebagai berikut:
perlunya konsep tentang media, dimana teknologi bukan sekedar alat, benda bahan atau perkakas tetapi tersimpul pada suatu sikap, perbuatan, orgnisasi, dan management yang berhubungan dengan pengeterapan ilmu (Achshin, 1986:11).
Dengan demikian teknologi pembelajaran bahasa arab akan membahas masalah bagaimana seorang guru bahasa memakai media dan alat bantu dalam proses mengajar bahasa arab yang sesungguhnya didalam kelas. dan juga membahas tentang masalah keterampilan sikap, perbuatan, dan strategi dalam pembelajaran bahasa arab.
2.         Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin “medius” yang artinya tengah. sedangkan secara umum media adalah semua bentuk perantara untuk menyebar, membawa atau menyampaikan suatu pesan dan gagasan  kepada penerima.
Menurut sejarahnya, media pengajaran pertama kalinya disebut visual-education (alat peraga pandang), kemudian menjadi udio-visual aids (dalam pengajaran), dan seterusnya berkembang menjadi audio-visual comunication (komunikasi pandang dengar), dan selanjutnya berubah menjadi educational technology (teknologi pendidikan) atau teknologi pembelajaran.
Di dalam bahasa arab, media engajaran kurang lebih adalah وسائل الايضاح   atau menurut istilah Dr. Abdul Alim Ibrahim dalam bukunya yang berjudul Al-Muwajjih al-fanniy li mudarrisiy al-lughah al-‘arobiyah sebagaiالتوضيحية  الوسائل (1978:423). Ada juga beberapa kalangan yang menyebutnya السمعية والبصرية المعينات (alat pandang dengar).
Adapun yang dimaksud dengan media adalah perantara atau pengantar. Dalam konteks pembelajaran, dapat dikatakan bahwa media merupakanwahana penyalur pesan atau informasi belajar.[1]
B.     Pengenalan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK
Menyitir bunyi suatu hadits "didiklah anakmu sesuai dengan zamannya". Pernyataan tersebut secara implisit mengandung makna dan mengisyaratkan bahwa kita hidup dalam ruang dan waktu yang senantiasa berubah. Selanjutnya perubahan tersebut menuntut sikap adaptasi terhadap kondisi yang terjadi, apapun peran dan posisi yang sedang dihadapi (Kholidah, 2002:1).
Demikian halnya menjadi seorang pendidik, sebagai orang profesional dituntut untuk mampu mewujudkan diri atas tuntutan prekembangan global yang sedang dan akan terjadi. Dalam era global tidak sama dengan masa lalu, yang menantang masing-masing individu dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berbeda. Juga akan menantang berbagai tatanan dan lembaga dengan sistem yang berbeda dengan masa sekarang.
Globalisasi yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perubahan dalam satu bidang akan menimbulkan perubahan dalam bidang yang lain. Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi akan menimbulkan perubahan dalam bidang-bidang seperti: ekonomi, budaya, sosial, termasuk juga pendidikan, yang tentunya berpengaruh pada para pendidik sebagai "pemeran utama" dalam pendidikan. Diantara perkembangan iptek tersebut adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Dimana saja kita membaca, saat ini, sulit untuk menghindari dari informasi atau tulisan tentang TIK dan Internet. Berikut adalah beberapa hal  yang dapat dimanfaatkan dalam pengenalan pembelajaran bahasa Arab berbasis TIK,antara lain:
·         INTERNET
Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positip terhadap kegiatan pembelajajaran bagi siswa ataupun, pendidik internet dan web dapat memberi kemungkinan bagi guru untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran yang menjadi bidang kempuannya. Melalui penggunaan internet dan web, guru akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada siswanya. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan guru itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya.
Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena dengan sifat dan karakteristik Internet yang cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM Interkatif dan lain-lain.
Melalui internet, pembelajar dapat mengadakan kontak langsung dengan penutur asli, berpartisipasi dalam suatu forum diskusi, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa, misalnya penugasan dan pengerjaan tugas pun dapat dilakukan melalui internet.
Situs-situs yang berhubungan dengan bahasa Arab dan pendidikan Islam banyak disajikan di internet, baik yang menyajikan tentang tauhid, tasawuf, sejarah Islam, akidah-akhlak, dan bidang-bidang lainnya. Juga di internet sangat membantu penguasaan kemahiran berbahasa Arab. Karena situs-situs tersebut menyajikan berbagai data dan informasi masa lalu, terkini dan akan datang mengenai dunia Arab, dunia antar bangsa dan berbagai bidang-bidang kajian bahasa Arab dan Islam.
C.    Dampak TIK Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Pada zaman sekarang ini, komputer bukan lagi merupakan barang mewah. Alat ini sudah digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan, seperti halnya pada bidang pendidikan. Bentuk atau jenis media pembelajaran berbantuan teknologi komputer dalam bentuk Power Point, video, slide, gambar, grafik dll.
Komputer berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-ManagedInstruction (CMI).  Ada pula peran komputer sebagai pembentu tambahan dalam belajar, pemanfaatanya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya.
Hampir semua ragam media yang ada tercakup dalam komputer. Media audio, visual, audio visual, permainan game dan sebagainya semua terintegrasi di dalam komputer. Ini adalah suatu keuntungan komputer yang belum tertandingi oleh piranti canggih yang lain. Adapun dampak digunakannya komputer atau biasa yang disebut dengan TIK dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah :
·         Dampak Positif
1.      Dengan adanya TIK maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang mempermudah dalam pembelajaran tersebut
2.      Tampilan dalam penggunaan media TIK akan lebih menarik minat mahasiswa untuk belajar sehingga ia akan mudah mengingat.
3.      Pembelajaran dengan komputer akan memberi kesempatan pada pembelajar untuk mendapat materi pembelajaran yang otentik dan dapat berinteraksi secara lebih luas.
·         Dampak Negatif
1.      Secara tidak langsung penggunaan TIK dalam proses pembelajaran akan menjadikan mahasiswa malas untuk belajar karena telah dipermudah dengan adanya aplikasi-aplikasi yang telah ada.
2.      hambatan dana yaitu dana bagi penyediaan komputer dengan jaringannya cukup mahal demikian untuk piranti lunak dan kerasnya.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
o  Tekonologi bersal dari bahasa latin “Tekno” yang bahasa inggrisnya “Art” dan dari kata “logos” (ilmu). menurut Webster, art adalah keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, study dan observasi, jadi teknologi tidak lebih dari suatu ilmu yang membahas tentang keterampilan yang diperoleh lewat pengalaman, study dan juga observasi.
o  Komputer berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-ManagedInstruction (CMI).  Hampir semua ragam media yang ada tercakup dalam komputer. Media audio, visual, audio visual, permainan game dan sebagainya semua terintegrasi di dalam komputer. Ini adalah suatu keuntungan komputer yang belum tertandingi oleh piranti canggih yang lain. 
Adapun dampak digunakannya komputer atau biasa yang disebut dengan TIK dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah :
·         Dampak Positif
4.      Dengan adanya TIK maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang mempermudah dalam pembelajaran tersebut
5.      Tampilan dalam penggunaan media TIK akan lebih menarik minat mahasiswa untuk belajar sehingga ia akan mudah mengingat.
6.      Pembelajaran dengan komputer akan memberi kesempatan pada pembelajar untuk mendapat materi pembelajaran yang otentik dan dapat berinteraksi secara lebih luas.
·         Dampak Negatif
3.      Secara tidak langsung penggunaan TIK dalam proses pembelajaran akan menjadikan mahasiswa malas untuk belajar karena telah dipermudah dengan adanya aplikasi-aplikasi yang telah ada.
4.      hambatan dana yaitu dana bagi penyediaan komputer dengan jaringannya cukup mahal demikian untuk piranti lunak dan kerasnya.

DAFTAR PUSTAKA
Ulin Nuha, M.Pd.I, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta : Diva Press. 2012.
Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya,Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2003.
http://msyaifulromadhon.blogspot.com/2011/05/pengenalan-bahasa-arab-berbasis-tik.html


[1] Soetomo, Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar (Surabaya : Usaha Nasional, 1993), hlm. 197.

0 comments:

Post a Comment