Wednesday, January 30, 2019

MAKALAH Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN
1.1                Pendahuluan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur gunak menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. 
Teknologi Informasi dan Komunikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah menglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun, TIK juga memiliki banyak kekurangan. TIK tidak hanya memberikan dapak positif, namun juga memiliki dampak negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.

2.1               Rumusan Masalah
a)      Apakah yang dimaksud dengan TIK Pendidikan?
b)      Bagaimanakah ruanglingkup TIK Pendidikan?
c)      Bagaimanakah sejarah TIK Pendidikan?
d)     Bagaimanakah konsep dasar TIK Pendidikan?

  
Pengertian teknologi Informasi dan Komunikasi
1.      Pengertian Teknologi
Teknologi bersal dari bahasa Yunani, teknologia. Teknologi berasal dari kata techne yang berarti, skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu. Kata teknologi ssecara harfiah berasal dari bahasa latin texere yang berarti menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Roger (1983), teknologi adalah suatu rancangan atau desain untuk alat bantu tidakan yang mengurangi ketidak pastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek, yaitu aspek hardware dan software.
Sementara itu, Jacques Ellul (1967), medefinisikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Menurut Gray J. Anglin (1991), teknologi merupakan penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lainnya secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Sedangkan menurut Vaza (2007), teknologi adalah sebuah proses yang dilaksanakan dalam upaya mewujudkan sesuatu yang rasional. Teknologi yang merupakan ilmu pengetahuan yang ditransformasikan kedalam produk proses jasa dan struktur organisasi.
Jadi, teknologi adalah cara dimana kita menggunakan ilmu pegetahuan untuk memecahkan masalah praktis[l1] .
2.      Pengetian Informasi
Informasi adalah fakta atau apapun yang dapat digukan sebagai input dalam menghasilkan informasi. Sedangkan data, merupakan bahan mentah, data merupakan input yang setelah diolah berubah bentuknya menjadi output yang disebut informasi. Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi: (1) informasi merupakan hasil pengolahan data (2) memberikan makna (3) memberikan manfaat.
Ciri-ciri informasi yang berkwalitas menurut MC. Leod (1997) ada empat, pertama akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Dua, tepat waktu, artinya informasi harus tersedia atau ada pada saat iformasi diperlukan. Tiga, relevan,  artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Empat, lengkap, artinya informasi harus diberikan secara utuh.
Jenis-Jenis Informasi
Jenis-jenis informasi meliputi:
a)      Absolute information, yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jamian dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut
b)      Subtitutional information, yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi.
c)      Philosophic iformation, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan osep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.
d)     Subjective information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia.
e)      Objective information, yaitu jenis informasi yang merujuk pada karakter logis informasi tertentu.
f)       Cultural information, yaitu informasi yang memberikan tekanan kepada dimensi kultural.
Komponen-Komponen Informasi
a)      Root of information, yaitu komponen inti dari informasi yang berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama.
b)      Bar of information, yaitu merupakan badan atau batangnya dari informasi yang disaksikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi inti dapat diketahui secara utuh.
c)      Branch of information, yaitu informasi dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami.
d)     Stick of information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk dari informasi ini biasanya berbentuk pengayaan pengetahuan, kedudukannya hanya seagai pelengkap terhadap informasi yang ada.
e)      Bud of information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro, namun keberadaannya sangat dibutuhkan, sehingga pada waktu mendatang informasi ini akan berkembang dan dicari orang.
f)       Leaf of information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan kondisi dan situasi ketika informasi itu muncul kepermukaan.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu communicare artinya memberitahukan atau menjadi milik bersama.komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dan penerimaan lambang-lambang yang mengandung makna.komunikasi mengandung makna menyebarkan informasi,pesan, berita, pengetahuan,dan norma atau nilai – nilai dengan tujuan utuk menggugah partisipasi,agar yang diberitahukan tersebut mnjadi milik bersama (sama makna) antara komunikator dan komunikan.
Komunikasi adalah suatu proses menyampaikan pesan (ide,gagasan,materi pelajaran) dari suatu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata – kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa ferbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukakan dengan menggunakan gerak (bahasa) badan,meunjukkan sikap tertentu,seperti tersenym menggelengkan kepala, mengangkat bahu,mengangguk cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dan peniramaan yang mengandung makna dari komunikator pada komunikan.scharmm menyampikan pengertiyan komunikasi kedalam tiga hal pokok sebagai berikut.
a.       Penyandi (incode),yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk code atau sandi,seperti : tulisan bahasa lisan, verbal simbol dan visual simbol.
b.      Signal (sign), yaitu berupa pesan,berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat dilukiskan dalam bentuk gerak tangan, mimic wajah, kata- kata lisan, tulisan, gambar, foto, table dan lainya.
c.       Decoder,yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimegerti makna dari pesan yang disampaikan.







Komunikasi sebagai suatu proses yang dapat dibedakan mejadi dua macam yaitu primer dan proses sekunder. Proses primer adalah proses komunikasi langsung tanpa adanya media yang dapat memanipulasi dan melipat gandakan jumlah penerima pesan. Dalam prose komunikasi ini biasnya berbentuk bahasa,gerakan –gerakan yang memiliki makna kusus ,dan aba –aba. Sedangkan komunikasi dalam proses sekunder berlangsung dengan bantuan mekanime yang dapat melipat gandakan jumlah penerima pesan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai macam hambatan fisik / kebendaan / jasadiah yang akan mngahalangi proses komukasi primer.seperti untuk mengatasi hambatan geografis proses komunikasi dapat melaui telepon,hp,radio dan satelit.
The Internasional commission for the study of couication problems (1980) mendenifisikan komunikasi sebagai proses dalam mempertukarkan berita,data,pendapat, dan pesan antara perorangan dan masyarakat.
            Proses komunikasi di bedakan menjadi dua macam,yaitu:
1.      Proses primer adalah proses komuikasi langsung  tanp media masa
2.      Proses sekunder,yaitu komunikasi yang berlangsung da egan bantuan mekanisme yang dapat melpat gandakan jumlah penerima pesan.
Empat titik penentu dalam sejarah komunikasi peradaban manusia, yaitu:
a)      Perolehan (acquisition) bahasa, yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya umat manusia. Dengan kemampuan berbahaslah manusia dapat berkomunikasi dengan sesamanya.
b)      Perkembangan seni tulisan sejalan dengan komunikasi lisan. Setelah manusia menemukan cara menuliskan dan alat menulis, maka komunikasi yang selama ini dilakukan dengan bahasa lisan kemudian dikembangkan bahasa tulisan.
c)      Reproduksi  kata-kata tertulis (written words) dengan menggunakan alat pencetak, sehingga kemungkinan terwujudnya komunikasi massa yang sebenarnya.
d)     Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, radio, televise, computer, hingga satelit.
Menurut Bell (1982), revolusi perkembangan komunikasi meliputi empat hal, yaitu: dalam hal berbicara, ditemukannya tulisan, penemuan mesin cetak, dan hubungan jarak jauh (telekomunikasi).
Sedangkan menurut Eric Ashby (1972), komnikasi pembelajaran telah memasuki revolusinya yang kelima. Revolusi pertama terjadi ketika orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru. Revolusi kedua terjadi ketika digunakannya tulisan untuk keperluan pembelajaan. Revolusi ketiga terjadi seiring dengan ditemukannya mesin cetak sehingga materi pembelajaran dapat disajikan melalui media cetak. Revolusi keempat terjadi ketika digunakannya perangkat elektronik seperti radio dan televise untuk  pemerataan dan perluasan pendidikan. Revolusi kelima, seperti saat ini, dengan dimanfaatkannya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tercanggih, khususnya computer dan internet untuk digunakan dalam kegiatan pendidikan
    Hakekat Teknologi Informasi
Menurut Lucas (2000) teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksankan satu atau sejumlah tugas emrosesan data seperti menangkap, nentransmisikan, menyimpan, mengambil, memaniplasi atau menampilkan data. Definisi tersebut dikembangkan lagi oleh Martin yang memberikan makna bahwa TIK tidak hanya itu namun juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Secara ringkas ialah Teknologi Informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi, yang meliputi penciptaan sumber-sumber informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.
    Hakekat Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses dan sistem yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar komunikasi berhasil (komunikatif).
Menurut Everett M. Rogers, teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar informasi dengan individu lain. Jadi, teknologi komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhna untuk berhubungan satu sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau.
    Hakekat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dari definisi yang ada mengenai teknologi informasi maupun komunikasi dapat dilihat adanya keterkaitan erat antara teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), teknologi informasi lebih pada sistem pengolahan informasi sedangkan teknologi komunikasi untuk pengiriman  informasi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Ruang Lingkup TIK
            Menurut Puskur Kemendiknas, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu:
1.      Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
2.      Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan aalat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Sementara menurut kamus Oxford dijelaskan bahwa “Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer untuk menyimpan, menganalisis data, dan mendistibusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.” Menurut Puskur kemendiknas “Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari  perangkat yang satu ke lainnya. Jadi Teknologi Komunikasi adalah perangkat-peragkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses, dan sistem, yang digunakan untuk membantu proses komunikasi, yang bertujuan agar komunikasi berhasil. “oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yaang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas, yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia.
      Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah merupakan peralatan elekttronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan  transfer atau pemindahan informasi antar media.
1.      Mata Pelajaran Teknologi Infomsi dan  Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan direspons oleh kementrian pendidikan nasional dengan memasukkan kurikulum yang bernuansa pengenalan seluk beluk teknologi informasi dan komunikasi, terutama pada jenjang pendidikan menengah (sedangkan pada pendidikan dasar masuk dalam muatan lokal). Dengan kebijakan ini diharapkan siswa memiliki bekal kemampuan untuk mengenal, memahami, dan berinteraksi dengan dunia  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga kelak pada saat lulus tidak buta sama sekali dengan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di masyarakat.
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah masuk pada kurikulum resmi sekolah sejak  tahun 2004. Mata pelajaran TIK  diajarkan sebagai salah satu Mata Pelajaran ketrampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran lainnya
Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian, selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
2.      Ruang Lingkup Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ruang lingkup mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai beriikut.
a)      Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan memanipulasi, dan menyajikan informasi.
b)      Penggunaan alat bantu untuk memperoses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
3.      Tujuan Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampan sebagai berikut.
a)      Memahami teknologi informasi dan komunikasi.
b)      Mengembangkan ketrampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
c)      Mengembangkan sikap kritis, kreatif apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi infomasi dan komunikasi.
d)     Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Setiap Mata Pelajaran memiliki tujuan masing-masing tak terkecuali Mata Pelajaran TIK. Mata Pelajaran TIK betujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a)      Aspek kognitif, mengetahui, mengenal, atau memahami TIK.
b)      Aspek afektif , dapat berikap kritis, kreatif, apresiatif, dan mandiri dalam penggunaan TIK
c)      Aspek Psikomotaorik, terampil memanfaatkan TIK untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari.
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
            Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan stilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang terukir di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk perasati sampai diperkenalkannya dunia arus informasi dan komunikasi maya yang kemudian dikenal dengan nama Internet. Informasi yang disampaikan pun berkembang dari sekedar menggambarkan keadaan sampai pada revolusi pembelajaran.
            Ada tiga masa sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yaitu:
  1. Masa Prasejarah ( < 3000 SM[l2] )
Pada awalnya TIK yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan infomasi yang mereka dapatkan pada dinding gua, tentang binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentfikasian benda-benda yang ada di sekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentk-bentuk yang kemudian meraka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena, kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan, dan isyarat tangan sebagai bentuk komunikasi mereka pada masa ini.
  1. Masa Sejarah (3000 SM – 1400-an M)
Pada masa ini Teknologi informasi masih digunakan untuk kalangan-kalangan tertentu dan terbatas, digunakan pada saat saat khusus, dan harganya cukup mahal. Pertama tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda penyebutannya, sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
  1. Masa Modern (1400-an M – Sekarang)

Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sr William Cook dan Sir Charles W yang dikirim secara elektronik antara dua tempat berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diteria dan dipergunakan masyarakat luas tanpa di rintangi oleh ruang, jarak, dan waktu.
Kemajuan teknologi pada masa modern yang berkembang saat ini yaitu dengan ditemukannya komputer. Dengan teknologi komputer kegiatan pembelajaran dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu dan sistem pembelajaran berbasis TIK.

 [l1]Menurut aku,, tekhnologi itu segala hasil karya manusia dimana itu dapat membantu membantu masalah manusia. Ex: cangkul yang dapar membantu petani. Jadi, tekhnologi memang jangan diartikan pada yang bermesin saja.
 [l2]Sejauh ini, saya menganggap bahwa TIK itu bermesin, lalu apakah pada masa ini juga sudah ada mesin?


0 comments:

Post a Comment